Mohon Penjelasan Arti ‘Khasyiah’

assalamualaikum wr.wb.
mohon penjelasan mengenai arti kata bhs arab “Khasyiah”
Kami sudah terlanjur memberi nama anak kami Aurellia Khasyiah (2 thn) dengan maksud artinya ratu yang khusyuk kepada Allah (dr buku nama2 bayi), tetapi sebagian keluarga kami tdk setuju dgn nama khasyiah yang menurut mereka berarti “yg terhinakan” (merujuk QS. Al Ghasyiah. Apakah kami harus mengganti nama anak kami (nama yg disarankan)? mohon penjelasannya, terima kasih..

JAWAB: 1. Khasyiah artinya takut, ketakutan, atau was-was, seperti ungkapan “khasyiah wa khauf (was-was dan takut). QS. Fathir [35]:28, “Inama yakhsyallaha…” (Sesungguhnya yang yang takut kepada Allah di antara hamba-hambanya adalah para ulama”. Hadits Nabi Saw: “Inni atqookum lillah wa asyaddukum lahu khasyiah” (Sesungguhnya akulah yang paling bertakwa kepada Allah di antara kalian dan akulah yang paling takut kepadanya, HR. Bukhari).

2. Khasyi’ah (pake koma, ‘ain) lain lagi maknanya. Akar kata “Khasyi’ah” adalah “Khasya’a” (Kha,syin, ‘ain), artinya tunduk, rendah, atau terhinakan (Wujuhun yauma idzin khasyi’ah, Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, QS. al-Ghasyiyah (88) : 2). Wallahu a’lam.*

Tulis Komentar